Senin, 16 Januari 2017

Gunung Kunir Benowo Purworejo

Gunung kunir Benowo


Gapura masuk gunung kunir

Gunung Kunir Benowo, Destinasi Wisata Alam Purworejo
 - Gunung Kunir, merupakan gunung yang masih dalam satu kesatuan perbukitan menoreh. Gunung Kunir tepatnya berada di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Salah satu daya tarik dari gunung kunir adalah, pengunjung bisa menyaksikan indahnya sunrise.








Gunung kunir benowo ini, memiliki ketingian sekitar 975 mdpl. Disaat cuaca cerah pengunjung dapatmenyaksikan munculnya sang mentari di pagi hari hingga saat matahari terlihat bulat penuh dengan warna merah tua keclokatan. Bagi Anda yang ingin melihat indahnya sunrise dari puncak gunung kunis benowo ini, Anda harus berangkat saat subuh dari kota purworejo, karena jarak tempuh Desa Benowo dari kota purworejo sekitar 20 km. Tempat ini sangat bagus bila dijadikan destinasi wisata alam.


Puncak Gunung Kunir



Bagi Anda pencinta alam dan juga petualang yang dari luar kota yang tidak ingin kehilangan moment sunrise di puncak gunung kunir benowo, Anda bisa membawa tenda untuk berkemah di sekitar gunung kunir, atau kalau tidak Anda bisa menginap dirumah penduduk Desa Benowo sambil sekalian bisa menikmati nikmatnya kopi benowo yang bisa Anda dapat di warung.
 



Selain bisa menikmati indahnya sunrise, Anda juga melihat pemandangan lain yang tak kalah menariknya. Saat matahari mulai naik Anda akan disuguhi pemandangan eksotis dari 4 gunung tinggi yang ada di Jawa Tengah yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Dari puncak gunung kunir, keempat gunung tersebut akan membuat mata Anda terpukau sambil menikmatisejuknya udara pagi yang masih segar.




Rute dari jogja
Jika anda  dari jogja bisa lewat
Kecamatan Samigaluh, kemudian masuk
Kecamatan Loano Kab. Purworejo tepatnya Desa Sedayu, Desa Banyuasin, lewat Desa Kalitapas, Desa Jokokasian kemudian sampai di Desa Benowo.
Untuk medan setelah melewati SD N Benowo, kita akan melewati jalan aspal dan setapak. Setelah sekitar 50 meter melewati jalan setapak, kita akan melewati jalan dari tatanan batu sekitar 20 meter, hati - hati karena cukup licin (Sepertinya sudah diperbaiki). Kemudian kita melewati jalan setapak lagi dan ikuti terus sampai disebelah kiri ada bukit yang cukup tinggi. Tinggal motor di pinggir jalan. Kemudian kita mendaki melewati jalanan tanah sempit di sebelah kanan jalan sekitar 10 menit dan sampailah di puncak gunung kunir.
Saran pendakian Mendakilah pagi hari agar mendapat pemandangan yang indah. Tetapi pada pagi hari, kadang juga berkabut dan tidak dapat melihat pemandangan. 





Kabut tebal 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar